Berpadu bersama mewujudkan Desa Banjaroyo yang rukun, damai, makmur, dan sejahtera serta menjunjung tinggi nilai agama dan budaya

 

SENI SHOLAWAT “GANDUL MUSLIMIN”

Administrator 22 Oktober 2019 11:03:20 Berita Desa

Sholawat Gandul Muslimin di desa Banjaroyo, Kalibawang, Kulon Progo, Yogyakarta berdiri sejak tahun 70an.  Bpk. Kusyayim sebagai pimpinannya dan teman-teman hingga sekarang tetap melestarikan kesenian ini. Hingga saat ini mempunyai anggota sekitar 40 anggota.

Sholawat Gandul Muslimin merupakan kesenian yang gerakannya mengkolaborasi antara gerakan tari dan pencak silat. Gerakan-gerakan itu diiringi dengan musik  rebana, jidor dan lain-lain serta diiringi dengan syair-syair tuntunan agama Islam. Para pemainnya menggunakan pakaian sederhana, baju putih dan celana pendek hitam serta kacamata hitam. Pemainnya terdiri dari 4 orang laki-laki.

Agar penampilan Sholawat Gandul Muslimin tidak monoton, maka disetiap babak diselingi dengan tarian anak-anak, lagu-lagu gambusan, dan atraksi. Gerakan-gerakan selingan itu sebagai penghibur penonton agar tidak bosan.

https://www.youtube.com/watch?v=F5Ksw7JhJP8

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kaur Perencanaan & Keuangan Kaur Umum Aparatur Desa & Aset Kasi Pemerintahan Kasi Pembanguanan & Pemberdayaan Kasi Kemasyarakatan Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Staff Desa Staff Desa Staff Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Facebook

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung