Berpadu bersama mewujudkan Kalurahan Banjaroyo yang rukun, damai, makmur, dan sejahtera serta menjunjung tinggi nilai agama dan budaya

 

MUSDES PERTANGGUNGJAWABAN BUMDES BINANGUN MITRA MENOREH TAHUN ANGGARAN 2019

Administrator 23 Maret 2020 12:40:09 Berita Desa

Banjaroyo (20/03/2020), peran BPK (Badan Permusyawaratan Kalurahan) didalam sebuah kalurahan sangat vital terkait dengan kelangsungan roda pemerintahan, dan salah satu peran BPK adalah dengan menyelenggarakan Musdes Pertanggungjawaban BUMDes. “Salah satu indikator sebuah lembaga ekonomi dikatakan sehat apabila sudah bisa menyampaikan laporan pertanggungjawaban paling lambat akhir bulan ke-3 pada tahun berjalan, maka dari itu Bumdes yang notabene sebuah lembaga ekonomi wajib menyampaikan laporan keuangan” sesuai yang disampaikan oleh Bapak Senija, S.IP., M.Si. selaku Pj Lurah Banjaroyo Jum’at, 20 Maret 2020.

Sesuai pasal 58 Perdes Banjaroyo Tahun 2018, Bumdes yang sekarang berdiri adalah perubahan dari Perumdes Binangun Artha Jaya. Dengan peralihan tersebut diharapkan Bumdes yang sekarang akan semakin berkembang. Bapak Komari, SP., selaku direktur bumdes juga menyampaikan selain kegiatan simpan pinjam yang sudah berjalan, sekarang mulai dirintis: pengelolaan pasar Jagalan 2 dan kawasan Embung Krapyak yang berada di Pantog Wetan, Unit pelayanan online, Unit kuliner dan jasa catering.

Perlu juga kita ketahui sebenarnya potensi PAD yang ada di kalurahan Banjaroyo sangatlah banyak sekali, terlebih dengan adanya obyek-obyek wisata, pasar dan TKD yang selama ini belum maksimal. Pada Musdes kali ini disampaikan juga tentang adanya Perkal no. 2 tentang Pungutan, disebutkan juga besaran tarif parkir di obyek wisata dan retribusi di pasar yang ada di Kalurahan Banjaroyo. 

Retribusi pelayanan parkir di obyek wisata:

  • Bus Rp. 15.000,-/kali parkir
  • Kendaraan roda 4 Rp. 5.000,-/kali parkir
  • Kendaraan roda 2 Rp. 2.000,-/kali parkir

Retribusi pelayanan parkir di Pasar Kalurahan:

  • Kendaraan roda 4 Rp. 5.000,-/kali parkir
  • Kendaraan roda 2 Rp. 2.000,-/kali parkir

Retribusi pelayanan pasar Kalurahan: Rp. 1000,-/hari.

Diharapkan dengan adanya peraturan Kalurahan tersebut diatas dapat sebagai acuan untuk mengoptimalkan PAD yang bersumber dari pemasukkan parkir dan retribusi  yang tentunya bisa meningkatkan PAD tahun yang akan datang dengan pengelolaan yang lebih baik lagi, dengan begitu kegiatan yang dibiayai dari sumber PAD akan lebih optimal didalam pelaksanaanya.     

Di akhir pertemuan, pimpinan dan seluruh peserta Musdes menyepakati bahwa Laporan Pertanggungjawaban Bumdes Binangun Mitra Menoreh Tahun Anggaran 2019 dapat diterima.

   

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Jogobyo Ulu-Ulu Kamituwa Staff Desa Staff Desa Carik Staff Desa Panata Laksana Sarta Pangripta Danarta Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Lurah

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Facebook

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung