Berpadu bersama mewujudkan Kalurahan Banjaroyo yang rukun, damai, makmur, dan sejahtera serta menjunjung tinggi nilai agama dan budaya

 

GULA JAWA dari Padukuhan Kempong

Administrator 24 Februari 2020 11:43:34 Berita Desa

Gula merupakan salah satu kebutuhan bahan pangan yang sangat penting bagi kebutuhan sehari-hari dalam  rumah tangga maupun industri makanan dan minuman. Gula sangat penting bagi kebutuhan karena gula mengandung kalori yang dibutuhkan bagi kesehatan dan gula sebagai bahan pemanis utama yang digunakan dalam makanan atau minuman. Terdapat banyak sekali jenis gula, salah satu diantaranya adalah gula jawa. Gula jawa  yang dikenal juga dengan nama gula merah  merupakan salah satu bahan pemanis untuk pangan yang berasal dari pengolahan nira kelapa. Nira diperoleh dari tandan bunga, sehingga bila kelapa menghasilkan nira dia tidak lagi berbuah. Pembuatan gula jawa merupakan salah usaha untuk meningkatkan pendapatan warga di dusun Kempong, yang dilakukan oleh mayoritas warga di Padukuhan Kempong. Berikut merupakan beberapa proses/cara pengolahan nira menjadi gula jawa :

  1. Nira yang telah diperoleh disaring, selanjutnya dimasukkan ke dalam wajan.
  2. Nira dimasak dengan panas yang konstan menggunakan bahan bakar kayu atau bahan bakar lainnya. Selama pemanasan jika timbul buih yang mengandung kotoran-kotoran halus perlu dibersihkan sebab akan mempengaruhi mutu gula jawa. Buih dihilangkan dengan penyaringan dengan lapisan yang lubang saringnya halus.
  3. Nira diaduk terus menerus secara merata agar bagian bawahnya tidak gosong, serta membutuhkan waktu yang cukup lama.
  4. Jika nira telah telah mengental dan berwarna kemerahan wajan kemudian diturunkan dari tungku, dan nira yang kental tetep terus diaduk sambil sedikit demi sedikit diambil dengan pengaduk untuk dituangkan kedalam cetakan yang terbuat dari batok kelapa, tetapi sebelum dimasukan kedalam batok kelapa, cetakan  tersebut terlebih dahulu dibasahi agar tidak lengket dalam proses pengambilan.
  5. Ketika sudah padat gula jawa diambil dari wadah cetakan.
  6. Gula jawa siap untuk dipasarkan.

Setelah proses pembuatan selesai, warga dusun kempong biasanya pada pagi hari menjual hasil dari gula jawa tersebut di pengepul yang berada di pasar. Kisaran harga jual gula jawa setiap satu kilogram kurang lebil Rp. 15.000,00- Rp. 16.000, 00. Mereka bisa menukar gula jawa tersebut dengan uang ataupun barang berupa bahan makanan pokok. Kegiatan produksi gula jawa ini dilakukan secara terus menerus oleh warga sebagai upaya pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari, dan juga untuk meningkatkan harga jual dari kelapa itu sendiri.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Lurah Jogobyo Ulu-Ulu Kamituwa Staff Desa Staff Desa Carik Staff Desa Panata Laksana Sarta Pangripta Danarta Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Facebook

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung