You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Banjaroyo
Kalurahan Banjaroyo

Kap. Kalibawang, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Kalurahan Banjaroyo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

MERTI PADUKUHAN SLANDEN KALURAHAN BANJAROYO (NYAWIJI, NGOPENI LAN HANDARBENI)

Admin Kalurahan 29 Agustus 2023 Dibaca 526 Kali
MERTI PADUKUHAN SLANDEN KALURAHAN BANJAROYO (NYAWIJI, NGOPENI LAN HANDARBENI)

Warta Oyo_ Minggu Kliwon 27 Agustus 2023 padukuhan Slanden melaksanakan Merti padukuhan. Rangkaian acara dimulai dengan bersih bersih padukuhan di masing masing RT yang dilaksanakan seminggu sebelum acara puncak Merti padukuhan yaitu Minggu Pon, 20 Agustus 2023.

*Nyawiji, Ngopeni lan Handarbeni* tema yang yang diusung dalam Merti padukuhan Slanden kali ini.

Nyawiji kita bersatu padu untuk mewujudkan impian Slanden yang jaya, Ngopeni memiliki arti memelihara nilai nilai kebaikan yang diberikan oleh nenek moyang untuk kemajuan, Handarbeni senantiasa memiliki kerinduan akan kampung halaman dan selalu menjaganya.

Acara diawali dengan kirab budaya yang diikuti oleh warga padukuhan Slanden dari anak anak, remaja dan orang tua dari lima RT yang ada di padukuhan Slanden.

Bendera Merah Putih berkibar di barisan depan diikuti tokoh Punokawan, Janoko dan Sembodro, alunan musik bergodo mengiringi jalanya kirab. Gunungan yang terdiri dari hasil bumi dan olahan sebagai wujud syukur turut diarak dalam kirab yang diikuti oleh warga padukuhan.

Dalam sambutan Lurah Banjaroyo yang turut hadir, bapak Pius menyampaikan kekompakan dan kerukunan sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat apalagi kita hidup dalam kemajemukan .

Merti Padukuhan juga sebagai wujud syukur kita atas apa yang telah diberikan sang pencipta kepada kita dan nguri-uri tradisi yang menjadi kekayaan kita di Daerah Istimewa Yogyakarta ini. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pitutur yang dimainkan oleh Punokawan yang menjelaskan makna Merti Padukuhan, dilanjutkan umbul donga yang dipimpin oleh bapak Wardono dan kembul bujana yang sudah disiapkan oleh masing masing RT berupa tumpeng dan ingkung.

Setelah sholat Dzuhur acara dilanjutkan dengan penampilan 2 babak paguyuban seni Jatilan Turonggo Muda Ngudi Utomo.

Dan masih dilanjutkan kembali pukul 20.00 WIB dengan rangkaian acara perpisahan bapak Sudarsono selaku dukuh Slanden juga tampilan anak-anak dari setiap RT di padukuhan Slanden.

Kegembiraan terlihat dari warga yang mengikuti acara Merti padukuhan ini dan berharap semoga tahun depan kegiatan ini bisa dilaksanakan lagi dengan lebih meriah. cecelia

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image