Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Artikel

RAKORNIS DAN PEMBENTUKAN “KALTANA” KALURAHAN BANJAROYO

27 Oktober 2022 11:27:08  Admin Kalurahan  449 Kali Dibaca  Berita Desa

Warta Oyo_Banjaroyo yang secara geografis, geologis maupun klimatologis memiliki situasi kondisi alam yang berpotensi terjadinya bencana alam seperti tanah longsor tentu harus menjadi perhatian semua pihak mulai dari pemerintah, lembaga sosial hingga masyarakat itu sendiri. Salah satu langkah preventif yang perlu dilakukan dalam menghadapi ancaman bencana yang sering tak terduga, yakni dengan melakukan upaya mitigasi bencana. Mitigasi adalah serangkaian upaya dalam mempersiapkan dan menanggulangi situasi kondisi sebelum, saat dan pasca terjadinya bencana.

Dalam menyiapkan konsep mitigasi bencana di Kabupaten Kulon Progo, maka melalui Badan Penangggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulon Progo mengadakan "Rapat Koordinasi Teknis" (Rakornis) penanggulangan bencana dan pembentukan "Kalurahan Tangguh Bencana" (KALTANA) yang dilaksanakan pada Rabu (26/10/2022), di Balai Kalurahan Banjaroyo. Dalam sambutannya, Kepala Pelaksana BPBD Kulon Progo menyampaikan bahwa langkah awal dalam upaya membangun konsep mitigasi bencana, maka perlu disiapkan terlebih dahulu sumber daya manusia yang memiliki kepedulian terhadap bencana, yang berasal dari tokoh masyarakat berbagai elemen yang memahami dan menguasai situasi kondisi atau karakter di wilayahnya. Pentingnya personil relawan yang memiliki keahlian/keterampilan khusus sesuai bakatnya masing-masing seperti  relawan memasak (dapur umum), relawan rescue, relawan assesment, relawan medis dan sebagainya.

Pada kesempatan pembentukan KALTANA di Kalurahan Banjaroyo ini telah sepakat terbentuk pengurus dengan Ketua terpilih yakni Farid Pratikno dan beberapa personil pengurus lainnya yang terdiri dari unsur Pamong Kalurahan, BPKal, LPMK, Ketua Kampung Siaga Bencana, Ketua RW/RT, Karang Taruna, PKK. Selanjutnya pengurus KALTANA tersebut melakukan rapat koordinasi teknis dalam upaya menyiapkan konsep mitigasi bencana. Adapun konsep mitigasi yang disusun antara lain yakni dengan membuat/menyusun dokumen kajian resiko bencana, identifikasi wilayah rawan bencana, peta ancaman dan peta evakuasi bencana serta menyusun skenario penanganan terhadap pasien/korban bencana bagi penyintas Covid-19 yang saat ini masih melanda. Kesemua konsep mitigasi tersebut nantinya perlu diujicobakan dalam sebuah gladi kotor, gladi bersih dan gladi lapang sehingga nantinya dapat dikaji dan dievaluasi terkait efektivitas terhadap pelaksanaan konsep mitigasi yang telah disusun bersama tersebut. Sehingga setelah konsep mitigasi tersebut sudah layak diujicobakan maka tidak mustahil ke depan Kalurahan Banjaroyo menjadi salah satu Kalurahan Tangguh Bencana (KALTANA).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Back Next

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : BANJAROYO, KALIBAWANG, KULON PROGO
Kalurahan : Banjaroyo
Kapanewon : Kalibawang
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55672
Telepon :
Email : banjaroyodesa@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:18
    Kemarin:228
    Total Pengunjung:204.037
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.239.76.25
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

07 Agustus 2019 | 60.180 Kali
SEJARAH DESA BANJAROYO
29 Juli 2013 | 59.810 Kali
Profil Desa
08 Juli 2019 | 59.407 Kali
Aduan
08 Juli 2019 | 59.385 Kali
Daftar Informasi Publik
08 Juli 2019 | 59.380 Kali
Maklumat PPID
02 Juli 2019 | 59.363 Kali
Visi dan Misi
08 Juli 2019 | 59.340 Kali
Permohonan Informasi

Statistik SID