Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Artikel

Merti Padukuhan Dlingseng, Dengan Tema Memetri Berkahing Hyang Widhi Murih Lestarining Bumi.

14 September 2023 12:25:21  Admin Kalurahan  384 Kali Dibaca  Berita Desa

Warta Oyo_Rabu Pahing, 13 September 2023 Padukuhan Dlingseng menyelenggarakan kegiatan Merti Dusun. Rangkaian acara diawali dengan kerja bakti seluruh warga dengan kerja bakti bersih jalan dan membersihkan seluruh sumber mata air di Padukuhan Dlingseng dua Minggu sebelum hari-H. Puncak acara dilaksanakan pada hari Rabu Pahing, 13 September 2023 pukul 08.00 diawali dengan kirab budaya dari Kalisalak menuju SDN Tanjung.

Sebagai Cucuk lampah adalah Panji kebesaran bendera Merah Putih yang berkibar di barisan terdepan dikawal dengan rombongan prajurit bergada, barisan berikutnya adalah perarakan gunungan sebagai ungkapan syukur atas segala berkah Tuhan untuk seluruh warga Padukuhan Dlingseng, kemudian diikuti dengan 10 bidadari pembawa kendi yang berisi air dari 10 sumber mata air di Padukuhan Dlingseng.

Perarakan berikutnya adalah keluarga besar TK dan SDN Tanjung yang turut mendukung acara Merti Dusun kemudian disusul seluruh warga Padukuhan Dlingseng.

Setibanya di gerbang SDN Tanjung disambut dengan upacara janturan tentang tema yang diusung oleh warga Padukuhan Dlingseng adalah Memetri Berkahing Hyang Widhi murih Lestarining Bumi. Memetri berarti ngopeni dan nguri-uri. Ngopeni artinya merawat seluruh ciptaan Tuhan yang berupa bumi dan seluruh isinya (tumbuhan dan hewan)  yang harus kita rawat, kita jaga kelestariannya. Nguri -uri mempunyai arti menggali dan melestarikan adat istiadat dan seluruh seni budaya yang bernilai luhur sebagai warisan dari para Pepunden dan Sesepuh warga masyarakat Padukuhan Dlingseng.

Dalam sambutannya bapak Yohanes Pius Lurah Banjaroyo yang berkenan hadir menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh warga Padukuhan Dlingseng yang telah bersatu dan bekerja sama dalam kemajemukan , sehingga acara Merti Dusun Padukuhan Dlingseng dapat terlaksana dengan baik.

Kegiatan dilanjutkan dengan Umbul Donga. Doa dipimpin oleh bapak Prodiakon untuk umat Katolik dan dilanjutkan donga dipimpin oleh Bapak Ustadz untuk yang beragama Islam.

Acara dilanjutkan dengan kembul Bojana atau dhahar sesarengan yang berupa nasi tumpeng, ingkung dan seluruh uba rampe dhaharan.

Suasana gembira diwarnai dengan tampilan berbagai bentuk kesenian tradisional: tari - tarian, panembrama, gedrug dan tarian Gugur Gunung yang menggambarkan kerukunan seluruh warga Padukuhan Dlingseng yang hidup dalam kemajemukan.Wajah suka cita dan kegembiraan tersirat dari seluruh warga Padukuhan Dlingseng dan berharap semoga kegiatan Merti Dusun tahun depan dapat terselenggara lebih meriah lagi. hy_harjanta

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Back Next

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : BANJAROYO, KALIBAWANG, KULON PROGO
Kalurahan : Banjaroyo
Kapanewon : Kalibawang
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55672
Telepon :
Email : banjaroyodesa@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:31
    Kemarin:274
    Total Pengunjung:228.971
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.239.95.36
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

07 Agustus 2019 | 60.270 Kali
SEJARAH DESA BANJAROYO
29 Juli 2013 | 59.890 Kali
Profil Desa
08 Juli 2019 | 59.446 Kali
Aduan
08 Juli 2019 | 59.422 Kali
Daftar Informasi Publik
08 Juli 2019 | 59.416 Kali
Maklumat PPID
02 Juli 2019 | 59.402 Kali
Visi dan Misi
08 Juli 2019 | 59.375 Kali
Permohonan Informasi

Statistik SID