You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Banjaroyo
Kalurahan Banjaroyo

Kap. Kalibawang, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Kalurahan Banjaroyo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Guyup Rukun Mbangun Dusun

Admin Kalurahan 25 Agustus 2024 Dibaca 11 Kali
Guyup Rukun Mbangun Dusun

Warta Oyo_Pada hari Sabtu tanggal 24 Agustus 2024, Padukuhan Duren Sawit melaksanakan Upacara Adat Tradisi Merti Padukuhan. Acara tersebut didanai dari Dana Keistimewaan Yogyakarta dan dapat terlaksana berkat dukungan dari Dinas Kebudayaan / Kundha Kabudayan Kabupaten Kulon Progo.

Tahapan Upacara Adat Merti Padukuhan Duren Sawit diawali dengan gotong royong bersih dusun yang dilaksanakan beberapa hari sebelumnya yaitu pada hari Jumat, 23 Agustus 2024.
Merti Padukuhan Duren Sawit di mulai pada pukul 18.00 WIB, diikuti oleh seluruh warga padukuhan Duren Sawit dengan Kirab Budaya. Sesampai di rumah Ibu Dukuh dilanjutkan dengan serah terima gunungan.  Pentas Bregodo yang terdiri dari 10 orang sangat menghibur menjadikan acara semakin meriah.

Sambutan-sambutan dari Dukuh, Lurah dan Panewu juga menjadi rangkaian dari acara tersebut. Diawali sambutan dari Dukuh Duren Sawit, Ibu Fransisca Dyan Putri Niati. Beberapa hal yang disampaikan oleh beliau terkait pembayaran PBB Padukuhan Duren Sawit yang sudah 100% sebelum jatuh tempo, dan pembangunan fisik di beberapa titik untuk tahun ini mulai dari anggota dewan yang berada di Provinsi maupun di Kabupaten ataupun kegiatan dari Kalurahan. Kemudian di lanjutkan kembul bujana dengan pentas seni tari angguk yang ditampilkan oleh anak-anak warga padukuhan Duren Sawit. Kemudian diakhiri dengan hiburan Campursari Ganesha dan Jathilan Wahyu Turonggo Jati.

Upacara Adat Merti Padukuhan yang dilaksanakan oleh warga Padukuhan Duren Sawit merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan  atas segala karunia yang telah diberikan, baik berupa rejeki, keselamatan, dan ketentraman dalam hidup. Warga Padukuhan Duren Sawit berharap agar acara Merti Padukuhan dapat dilaksanakan setiap tahun.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image