Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Artikel

"DESA BANJAROYO"

25 Oktober 2019 14:02:20  Administrator  893 Kali Dibaca  Berita Desa

Desa Banjaroyo merupakan salah satu desa di lereng perbukitan Menoreh. Secara administrasi, desa Banjaroyo masuk dalam wilayah Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Perbukitan Menoreh sendiri memang dikenal sebagai kawasan wisata alam. Beberapa obyek wisata yang ada disini diantaranya Waduk Sermo, Kalibiru, dan Puncak Suroloyo.

Kehadiran Desa Banjaroyo menambah nilai plus kawasan wisata di Perbukitan Menoreh. Desa Banjaroyo memfasilitasi wisatawan yang ingin singgah lebih lama untuk menikmati keindahan perbukitan Menoreh sekaligus merasakan bagaimana tinggal dan berbaur dengan masyarakat desa.

Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan, mulai dari mengikuti aktivitas warga sehari-hari, bertani, mengikuti acara adat, menikmati pertunjukan seni lokal, menikmati kuliner lokal, tracking, hiking mengelilingi desa, dan mengunjungi obyek-obyek wisata yang ada di sekitar desa seperti Embung Krapyak,Waduk Mini Banjaroyo, Bendung Ancol, Goa Maria Sendangsono, Makam Kyai Krapyak, dan jika beruntung wisatawan bisa mengunjungi festival durian Menoreh.

Kalibawang khususnya Desa Banjaroyo memang dikenal sebagai sentra durian. Durian Banjaroyo atau yang lebih dikenal dengan durian Menoreh Kuning memiliki aroma yang kuat dan daging buah yang tebal, dan rasanya yang mantab. Terdapat beberapa varietas unggulan yang ada disini, bahkan beberapa telah ditetapkan varietas durian unggulan nasional seperti Durian Menoreh Jambon dan Durian Menoreh Kuning. Wisatawan bisa datang saat musim panen Durian Menoreh kisaran bulan September ? Februari.Berbagai kegiatan seru dilakukan untuk memeriahkan festival, antara lain games, kontes durian, dan obral durian.

Disini wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas berkebun dan mengolah hasil perkebunan mengingat sebagian besar penduduk yang berpencaharian sebagai petani pekebun. Wisatawan dapat belajar langsung membuat gula aren, mengolah coklat dan kopi, dan membuat jamu.

Desa Banjaroyo berada di jalur wisata Yogyakarta ? Borobudur yang berjarak kurang lebih 24 km dari Kota Yogyakarta serta 55 km dari Bandara baru YIA Kulon progo .Lokasi bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan mengambil rute dari jalan Godean-Dekso-Kalibawang dan Banjaroyo. Jika dengan angkutan umum harus berganti angkutan sesampainya di Dekso kemudian dilanjutkan dengan angkutan yang menuju ke arah Borobudur.

https://www.youtube.com/watch?v=ofrYgVLzclw

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Back Next

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : BANJAROYO, KALIBAWANG, KULON PROGO
Kalurahan : Banjaroyo
Kapanewon : Kalibawang
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55672
Telepon :
Email : banjaroyodesa@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:202
    Kemarin:302
    Total Pengunjung:217.120
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.117.196.184
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

07 Agustus 2019 | 60.229 Kali
SEJARAH DESA BANJAROYO
29 Juli 2013 | 59.852 Kali
Profil Desa
08 Juli 2019 | 59.426 Kali
Aduan
08 Juli 2019 | 59.403 Kali
Daftar Informasi Publik
08 Juli 2019 | 59.395 Kali
Maklumat PPID
02 Juli 2019 | 59.380 Kali
Visi dan Misi
08 Juli 2019 | 59.357 Kali
Permohonan Informasi

Statistik SID