You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Banjaroyo
Kalurahan Banjaroyo

Kap. Kalibawang, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Kalurahan Banjaroyo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Asesmen Awal Pelaksanaan Reformasi Kalurahan

Admin Kalurahan 03 Juni 2024 Dibaca 44 Kali
Asesmen Awal Pelaksanaan Reformasi Kalurahan

Warta Oyo_ Senin, 3 Juni 2024 di Balai Kalurahan Banjaroyo telah dilaksanakan kegiatan asesmen awal reformasi kalurahan oleh tim asesmen dari Kapanewon Kalibawang. Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Jawatan Praja Kapanewon Kalibawang Bapak Eko Supriyanto, S.H., beserta tim. Sedangkan personil dari Kalurahan Banjaroyo yang mendampingi: Carik, Ulu-ulu, Kamituwa, Panata Laksana Sarta Pangripta, Direktur Bumdes dan Ketua Dewan Pengawas Bumdes Binangun Mitra Menoreh.

Kegiatan asesmen ini dilaksanakan Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur DIY Nomor 185/KEP/2024 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Reformasi Kalurahan dan Peraturan Gubernur Nomor 40 Tahun 2023 Tentang Reformasi Kalurahan serta tindak lanjut hasil Bimtek yang diselenggarakan oleh Biro Tapem DIY.

Formulir asesmen terdiri dari dua bagian yaitu asesmen awal pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kalurahan dan Reformasi Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan. Reformasi Birokrasi Kalurahan mengacu pada upaya perbaikan tata kelola Pemerintahan Kalurahan yang menekankan pada kegiatan yang sederhana dan mudah dilaksanakan, namun memiliki daya ungkit yang tinggi terhadap perubahan diharapkan pada Pemerintahan Kalurahan. Sementara itu Reformasi Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan diarahkan pada upaya perbaikan dalam rangka mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Kalurahan dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat Kalurahan.

Asesmen dilakukan dengan cara: memberikan penilaian berdasarkan parameter yang telah ditentukan, memberikan penjelasan secara terperinci, memberikan rekomendasi terhadap perbaikan atau peningkatan apa saja yang perlu diperhatikan oleh Kalurahan.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image