You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Banjaroyo
Kalurahan Banjaroyo

Kap. Kalibawang, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Kalurahan Banjaroyo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Pelatihan Membatik

Administrator 29 November 2019 Dibaca 869 Kali

Sebanyak 22 warga desa Banjaroyo mengikuti pelatihan membatik di Balai Desa Banjaroyo. Selama dua hari dari hari Rabu tanggal 27 November 2019 sampai hari Kamis tanggal 28 November 2019.

Acara ini dimulai pukul 09.00 wib, dan dibuka oleh Bapak Ahmad Baehaqi,S.E selaku Kasi Pembangunan dan Pemberdayaan Desa Banjaroyo, kemudian sambutan dari Bapak Babinkamtibmas Desa Banjaroyo, Bripka Ageng Tri Yulianto dan sebagai  narasumber Bapak Wahyu Widiyanto bersama Ibu Sri Rahayu Purwaningsih dari Samigaluh.

Di hari pertama pelatihan, dijelaskan pengetahuan dan teknik dasar membatik, di atas kain katun putih membuat motif dengan pensil, motif yang diajarkan masih sederhana, rata-rata berbentuk bunga atau daun berukuran besar. Di hari kedua pelatihan, peserta diajari teknik skaligus praktek membatik, memegang canting dan mengambil malam panas dari wadah, kemudian menggoreskan canting di kain putih yang dilakukan dengan menebalkan motif daun atau bunga. Proses pencelupan yang pertama, celupkan kain yang telah dilapisi lilin tadi kedalam warna pertama, setelah dicelupkan, paparkan kain tersebut diatas gawangan sampai kering. Kembali lakukan proses pembatikan dengan melukiskan lilin malam menggunakan canting pada bagian pola tertentu. Hal ini bertujuan agar kita dapat mempertahankan warna yang pertama. Celupkan lagi dengan menggunakan warna kedua. Proses selanjutnya adalah nglorot, bertujuan untuk menghilangkan lapisan lilin malam yang ada dikain tersebut. Caranya rebus kain dengan panci diatas kompor, setelah lilin hilang, jemur batik tersebut sampai menjadi kering dan siap untuk digunakan.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image