Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Artikel

SOSIALISASI DAN PEMBENTUKAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT(KIM) DI KALURAHAN BANJAROYO

07 Desember 2022 12:32:23  Admin Kalurahan  480 Kali Dibaca  Berita Desa

Warta Oyo_Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kulon Progo, Selasa 6 Desember 2022 melaksanakan sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di  Kalurahan Banjaroyo.  Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini diikuti oleh 19 orang perwakilan dari setiap padukuhan dan tim tingkat Kalurahan.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo, Bapak Agung Kurniawan, S.IP., M.Si. Sebagai narasumber yang pertama  menjelaskan KIM merupakan kelompok yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat, dan untuk masyarakat yang secara mandiri serta kreatif dalam mengelola informasi untuk pemberdayaan masyarakat. Selain itu, KIM juga sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk ikut terlibat dalam menyebarluaskan informasi yang positif secara swadaya. KIM juga sebagai wahana desiminasi informasi secara bottom up di mana anggota KIM dapat menyampaikan saran kepada pemerintah. Dan top down, KIM menjadi agen pembangunan yamg menyebarluaskan kebijakan dan program pemerintah ke masyarakat di lingkungannya.
Mengingat perkembangan teknologi yang begitu cepat saat ini, masyarakat diharapkan dapat menghadapi informasi yang diterima dengan lebih cerdas dan bijaksana.

Bapak Agung berharap melalui pembentukan KIM ini, nantinya dapat menjalin kemitraan kerja sama dengan Pemerintah Kalurahan dalam hal penyebarluasan informasi dalam mewujudkan masyarakat cerdas dan mampu mendayagunakan literasi informasi digital.
Sebagai mitra Pemerintah Kalurahan yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi pemberdayaan masyarakat, KIM beranggotakan lembaga-lembaga kemasyarakatan di tingkat Kalurahan.

Untuk narasumber yang kedua dari KIM DIY, Bapak  Zazin Farid Achmad Sulaiman. Beliau ketua KIM NAS Community. Dalam pemaparannya disampaikan “Pengelolaan KIM yang efektif untuk mendukung keberhasilan pembangunan. Maka KIM adalah organisasi yang akan membahas bersama Bagaiman Mengatasi Masalah-masalah kecil supaya tidak berlarut-larut dan pemuda bisa mempunyai wawasan yang luas tentang bagaimana menghidupkan jiwa nasionalisme yang sudah semakin memudar dan bagaimana menggali pendanaan di sekitar kita yang selama ini kita tak pernah berfikir sampai kesana.” ujarnya.

Setelah sosialisasi, kemudian Lurah Banjaroyo membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kalurahan Banjaroyo yang diberi nama WARTA OYO, dengan susunan pengurus yang  ditetapkan dalam Keputusan Lurah.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Back Next

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : BANJAROYO, KALIBAWANG, KULON PROGO
Kalurahan : Banjaroyo
Kapanewon : Kalibawang
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55672
Telepon :
Email : banjaroyodesa@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2
    Kemarin:280
    Total Pengunjung:218.532
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.141.24.134
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

07 Agustus 2019 | 60.234 Kali
SEJARAH DESA BANJAROYO
29 Juli 2013 | 59.854 Kali
Profil Desa
08 Juli 2019 | 59.430 Kali
Aduan
08 Juli 2019 | 59.408 Kali
Daftar Informasi Publik
08 Juli 2019 | 59.398 Kali
Maklumat PPID
02 Juli 2019 | 59.385 Kali
Visi dan Misi
08 Juli 2019 | 59.361 Kali
Permohonan Informasi

Statistik SID