You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Banjaroyo
Kalurahan Banjaroyo

Kap. Kalibawang, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Kalurahan Banjaroyo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) Tingkat Kalurahan 

Admin Kalurahan 11 Oktober 2024 Dibaca 6 Kali
Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) Tingkat Kalurahan 

Warta Oyo_ Pos Binaan Terpadu (Posbindu) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular melalui pembinaan terpadu. Tujuan Posbindu Kalurahan adalah meningkatkan peran serta pemerintah untuk mendeteksi dini dan memantau factor resiko penyakit tidak menular, pencegahan dan penemuan dini faktor resiko penyakit tidak menular. Posbindu ini berada di tingkat Kalurahan yang difasilitasi oleh Pemerintah Kalurahan Banjaroyo bekerjasama dengan Puskesmas Kalibawang. Kegiatan ini dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik di Kalurahan Banjaroyo

Pelaksanaan Posbindu Kalurahan di bulan Oktober ini diadakan pada hari Jumat tanggal 11 Oktober 2024 bertempat di Balai Kalurahan Banjaroyo diikuti seluruh pamong kalurahan dan staf.
Kegiatan pelayanan Posbindu antara lain :
1. Pelayanan registrasi dan administrasi, yaitu kegiatan mencatat data individu pasien di lembar screening monitoring faktor resiko PTM yang ada. 
2. Wawancara faktor risiko PTM, antara lain riwayat merokok, kebiasaan minum minuman manis, kopi dan beralkohol, kegiatan aktifitas fisik/olahraga, kebiasaan makan sayur dan buah, riwayat tekanan darah tinggi, riwayat penyakit dahulu dan keluarga yang berkaitan dengan penyakit tidak menular.
3. Pengukuran Berat Badan, Tinggi Badan, IMT, lingkar perut dan tekanan darah
4. Pemeriksaan kadar glukosa darah
5. Konseling dan edukasi tentang menjaga pola makan dan gaya hidup sehat oleh petugas Puskesmas.

Harapannya dengan kegiatan posbindu seperti ini dapat membantu mengecek kondisi masing-masing apabila tidak sempat check up ke dokter  mengingat kesibukan dan aktivitas di kantor kalurahan sekarang yang banyak tugas dan pekerjaan berimbas pada kesehatan fisik masing-masing pamong.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image