You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Banjaroyo
Kalurahan Banjaroyo

Kap. Kalibawang, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Kalurahan Banjaroyo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Gumregah, Nyawiji, Migunani Tema dari Merti Padukuhan Plengan Tahun Ini

Admin Kalurahan 18 Agustus 2024 Dibaca 18 Kali
Gumregah, Nyawiji, Migunani Tema dari Merti Padukuhan Plengan Tahun Ini

Warta Oyo_Masyarakat Padukuhan Plengan, Kalurahan Banjaroyo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan Upacara Tradisional bersih dusun yang lebih dikenal dengan istilah "Merti Dusun" dengan berbagai acara di mana acara puncaknya adalah Kirab Budaya dan Pentas Seni pada hari Minggu tanggal 18 Agustus 2024 dengan Tema "Gumregah, Nyawiji, Migunani".

Tradisi ini merupakan wujud syukur masyarakat Plengan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan limpahan berkat serta rezeki. Salah satu bentuk ucapan syukur tersebut diwujudkan dengan adanya gunungan yang berisi berbagai hasil bumi, seperti sayuran dan buah-buahan yang diarak mengelilingi kampung yang nantinya akan diperebutkan oleh masyarakat.

Acara Kirab Budaya dimulai pukul 08.00 WIB. Peserta Kirab terdiri dari semua warga dengan berjalan  mengelilingi Padukuhan Plengan dan finish di Lapangan Jati Kembar. Setelah peserta Kirab Budaya sampai, dilanjutkan dengan umbul dongo dan kembul bujono. Setelah gunungan didoakan, seluruh warga, baik tua, muda ataupun remaja dengan antusias ikut berebut sayuran dan buah-buahan yang ada di gunungan. Namun demikian, mereka berebut dengan tertib. Tidak kurang dari 15 menit, isi gunungan tersebut habis diperebutkan. “Gunungan ini sudah didoakan, ikut berebut, semoga berkah,” kata salah seorang yang ikut memperebutkan gunungan.

Sementara itu, Lurah Banjaroyo Bapak Pius memberikan apresiasi atas kegiatan yang sudah menjadi tradisi di Padukuhan Plengan ini. Dikatakannya, di tengah gempuran modernisasi, warga padukuhan Plengan masih nguri-uri budaya yang penuh kearifan lokal, lebih dari itu sebagai bentuk silaturahmi dan kegotongroyongan antara warga.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image