You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Banjaroyo
Kalurahan Banjaroyo

Kap. Kalibawang, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Kalurahan Banjaroyo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Pelatihan Bagi Satlinmas Banjaroyo

Admin Kalurahan 05 Oktober 2024 Dibaca 7 Kali
Pelatihan Bagi Satlinmas Banjaroyo

Warta Oyo_Anggota Satuan Linmas Kalurahan Banjaroyo berkumpul tadi pagi, Sabtu (5/10/2024). Setelah beberapa bulan diagendakan, akhirnya Pemerintah Kalurahan Banjaroyo memberi pelatihan kepada forum Satuan Perlindungan Masyarakat atau sering disebut Satlinmas atau yang lebih kita kenal dengan nama Linmas/Hansip. Satlinmas merupakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana dan lain-lain. Ketugasan Satlinmas tersebut sangat diharapkan dapat mendukung dan membantu tugas pemerintah khususnya Pemerintah Kalurahan dalam menciptakan dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, termasuk di dalam kegiatan sosial kemasyarakat lainnya.

Anggota Satlinmas Banjaroyo menurut data sejumlah 75 orang yang terdiri dari 19 padukuhan. Pada pagi tadi diberikan pelatihan keterampilan tentang Pengaturan Lalu Lintas oleh Kanitlantas Polsek Kalibawang Bapak Ageng dan Bapak Nugroho. Materi yang disampaikan rambu- rambu, peringatan pengguna jalan, marka, dan beberapa gerakkan pengaturan lalulintas diantaranya stop semua jurusan, stop depan, jalan kanan, jalan kiri, perlahan depan dan lain lain. Maksud dan tujuan pelatihan ini yaitu untuk menunjang tugas tugas Satlinmas yang diantaranya membantu tugas polisi dalam manjaga kamtibmas termasuk kelancaran arus lalulintas pada saat ada kegiatan masyarakat. Sedangkan materi lainnya adalah Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) yang disampaikan dari PMI Kabupaten Kulon Progo.

Lurah Banjaroyo Bapak Yoanes Pius Cahyo Nugrohojati dalam membuka pelatihan sekaligus menyampaikan terima kasih sudah terlaksana pelatihan bagi Satlinmas. Sesuai materi Bapak Lurah menyampaikan keselamatan menjadi tanggungjawab kita semuanya. Harapannya para peserta dapat memahami dan menyerap ilmu yang disampaikan serta berharap dengan pelatihan ini ada output yang dicapai. Semua anggota Linmas memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam bertugas. Target lainnya adalah adanya regenerasi Linmas sehingga anggotanya yang selama ini didominasi oleh orang dewasa dan lanjut usia dikuatkan dengan anggota-anggota yang lebih muda dan memiliki keterampilan lebih sesuai dengan tuntutan jaman sekarang.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image