You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Banjaroyo
Kalurahan Banjaroyo

Kap. Kalibawang, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Kalurahan Banjaroyo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Kelompok Tani Sedyo Makmur Kempong Adakan Tradisi Jamas Pacul

Admin Kalurahan 14 Juli 2024 Dibaca 28 Kali
Kelompok Tani Sedyo Makmur Kempong Adakan Tradisi Jamas Pacul

Warta Oyo_Minggu Pahing tanggal 14 Juli 2024 atau 7 Suro 1958, Kelompok Tani Sedyo Makmur Padukuhan Kempong di Kalurahan Banjaroyo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar tradisi Jamas Pacul. Acara ini rutin setiap tahun diadakan di bulan Suro. Dihadiri Lurah Banjaroyo, Dukuh Kempong, Dukuh Dlingseng, Dukuh Plengan, serta dari Desa Wisata Banjaroya.

Dimulai pukul 09.00 WIB acara jamas pacul diawali dengan mengambil air dari sumber mata air yang berada tidak jauh dari tempat acara berlangsung. Kemudian air tersebut dibawa menuju tempat jamasan. Dibuka dengan pembacaan tahlil, sambutan-sambutan, jamas pacul dan kembul bujono yang telah disediakan oleh kelompok tani.

Dalam sambutannya Lurah Banjaroyo Bapak Pius berterima kasih dan memberikan apresiasi untuk Kelompok Tani Sedyo Makmur yang sudah melestarikan tradisi seperti ini. Ucapan terima kasih kepada Desa Wisata Banjaroya yang telah memberikan fasilitas dan juga mengarahkan rangkaian acara serta kerja sama dalam acara jamas pacul.

“Tradisi Jamas Pacul ini merupakan wujud syukur kepada Tuhan yang telah mengaruniakan buminya untuk kehidupan kepada petani khususnya dan juga dalam hal ini petani mengambil hasil dari pengolahan bumi/lahan, sebagai pemilik lahan menghaturkan terima kasih untuk Pemerintah Kalurahan Banjaroyo yang telah mempercayakan untuk menggarap lahan tersebut dalam bentuk sewa tahunan di blok C ini. Disampaikan juga bulan Muharam/Suro ini membersihkan alat dan prasarana petanian untuk dibersihkan atau diruat supaya untuk mengolah lahan,  dan saat alat tersebut dipergunakan untuk mengolah memberikan hasil yang maksimal.” Ujar Bapak Supadi sebagai Dukuh Kempong sekaligus sebagai Kelompok Tani Sedyo Makmur.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image